GJ 667Cc Planet Mirip Bumi Siap Huni

Para astronot menemukan sebuah planet baru yang berpeluang dihuni manusia, karena planet ini mirip dengan bumi. Planet ini terdeteksi lewat teleskop di European Southern Observatory, dan dinamai GJ 667Cc. Seperti halnya bumi, kondisi GJ 667Cc juga berbatu, selain itu GJ 667Cc juga mengorbit dengan 'zona hunian' dengan suhu yang cocok untuk keberadaan air di permukaan, bisa jadi mirip dengan suhu bumi.

"Planet baru ini kandidat terbaik yang menyediakan air, dan mungkin kehidupan," kata pemimpin penelitian ini, Guillem Anglada-Escudé.

Planet GJ 667Cc memiliki bobot 4,5 kali bumi dan mengorbit pada satu bintang yang disebut GJ 667C dengan jarak 22 tahun cahaya dari bumi, dan masih terhitung menjadi tetangga bumi. Planet ini mengorbit pada bintangnya dengan periode 28,15 hari, hampir sama dengan bumi kepada matahari.

"Planet ini mengorbit di sistem tiga bintang. Tapi dua lainnya sangat jauh. Tapi, keduanya akan terlihat cantik di langit," kata Steven Vogt, seorang profesor astronomi.

Dua bintang lainnya hanyalah bintang kerdil berwarna oranye. Ada tiga planet yang mengorbit dekat bintang ini. Bintang ini memiliki susunan kimia yang berbeda dengan matahari, karena kandungan elemennya seperti besi, karbon, dan silikon mempunyai berat jenis yang lebih besar dari helium. Keberadaan planet terbaru ini, menunjukkan bahwa galaksi kita mempunyai banyak planet yang berpotensi untuk dihuni manusia.

"Dengan kemunculan instrumen-instrumen generasi baru, ilmuwan dimampukan untuk meneliti bintang-bintang kerdil dengan planet-planetnya dan akhirnya menemukan tanda-tanda kehidupan di sana," tambah Anglada-Escudé.

GJ 667C yang disebut sebagai super Bumi ini, sudah diketahui namun tidak pernah dipublikasikan. Planet ini delat dengan bintang, oleh karena itu suhunya terlalu panas untuk keberadaan air.

1 Comments

Situs ini DOFOLLOW jadi komentarlah yang bijak Oke, Komentar anda selalu kami hargai, Tapi Please jangan Spam Dong..!! ocret silahkan di lanjut yang mau koment

  1. Thanks to my father who informed me concerning this web site, this weblog is
    really remarkable.
    Look at my site ; Online Stromrechner

    ReplyDelete

Post a Comment

Situs ini DOFOLLOW jadi komentarlah yang bijak Oke, Komentar anda selalu kami hargai, Tapi Please jangan Spam Dong..!! ocret silahkan di lanjut yang mau koment

Post a Comment

Previous Post Next Post