Cara Berdoa Berdasarkan Hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Cara Berdoa - Terdengar Aneh saya menulis artikle ini karena dulu saya sempat meniggalkan aktifitas yang di sebut Doa bukan tanpa alasan saya meniggalkan aktifitas tersebut karena dulu saya masih awam dan gak paham apa yang diajarkan agama saya, Alhamdulillah sekarang mulai terbuka pintu hati ini Untuk Berdoa dari kerak kesombongan sebab tanpa bantuan Allah sayapun gak akan pernah jadi yang sekarang ini..

Meminta sesuatu kepada Allah adalah wajib Hukumnya saya mulai sadar hal ini ketika menghadapi hal yang amat sulit dan hanya Allah saat itu tempat Memohon dan meminta, Adalah hal yang bodoh bagi saya ketika mendapat kesulitan saya merengek meminta bantuan terhadap yang bukan Allah, ( Manusia, atau hal lain sebagainya ) Tanpa saya sadari hal ini masuk kedalam syirik, 
Cara Berdoa Berdasarkan Hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam


Allah gak suka akan hal Kesyirikan, Bagaimanapun juga Allah sang pemilik hidup Allah penguasa atas semua yang DIA ciptakan, Allah Maha adil maha perkasa dan maha penyayang atas Umatnya, Jika Ia sabar Niscaya Permintaan yang kedengaran Mustahil Untuk kita raih Tapi jika dengan Allah Yang Mempunyai Kalimat " Kun Fayakun " Jadi serahkanlah Urusan kita kepada  
Allah sebagai bentuk Rasa Taq'wa Kita Di Bawah Nanti Akan Saya Bahas Tentang tata cCara Berdoa Berdasarkan Hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ( Semoga rahmat dan salam kita tercurahkan atasNya )

Tata cara berdoa sesuai tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam


Adapun Tata Cara Berdoa Agar setiap do'a kita bermakna dan bisa di terima Oleh Allah ya walaupun sebenarnya semua doa di dengar Oleh Allah lebih baik kita mengambil cara yang baik dan benar

Yang Pertama Kita Lakukan mencari Waktu Yang Mustajab Dalam Berdo'a

Diantara waktu yang mustajab adalah hari arafah, ramadhan, sore hari jumat, dan waktu sahur atau sepertiga malam terakhir.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (H.r. Muslim)
Dan Menghadap kiblat dan mengangkat tangan

Dari Jabir radliallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam. (H.r. Muslim)

Dari Salman radliallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kalian itu Malu dan Maha Memberi. Dia malu kepada hamba-Nya ketika mereka mengangkat tangan kepada-Nya kemudian hambanya kembali dengan tangan kosong (tidak dikabulkan).” (H.r. Abu Daud & Turmudzi dan beliau hasankan)

Memulai doa dengan memuji Allah dan bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.



Bagian dari adab ketika memohon dan meminta adalah memuji Dzat yang diminta. Demikian pula ketika hendak berdoa kepada Allah. Hendaknya kita memuji Allah dengan menyebut nama-nama-Nya yang mulia (Asma-ul Husna).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mendengar ada orang yang berdoa dalam shalatnya dan dia tidak memuji Allah dan tidak bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian beliau bersabda: “Orang ini terburu-buru.” kemudian Beliau bersabda,

إذا صلى أحدكم فليبدأ بتحميد ربه جل وعز والثناء عليه ثم ليصل على النبي صلى الله عليه وسلم ثم يدعو بما شاء

“Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (H.r. Ahmad, Abu Daud dan dishahihkan al-Albani)


Yang Kedua Adalah memperbanyak taubat dan memohon ampun kepada Allah.

Banyak mendekatkan diri kepada Allah merupakan sarana terbesar untuk mendapatkan cintanya Allah. Dengan dicintai Allah, doa seseorang akan mudah dikabulkan. Diantara amal yang sangat dicintai Allah adalah memperbanyak taubat dan istighfar.

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidak ada ibadah yang dilakukan hamba-Ku yang lebih Aku cintai melebihi ibadah yang Aku wajibkan. Ada hamba-Ku yang sering beribadah kepada-Ku dengan amalan sunnah, sampai Aku mencintainya. Jika Aku mencintainya maka …jika dia meminta-Ku, pasti Aku berikan dan jika minta perlindungan kepada-KU, pasti Aku lindungi…” (H.r. Bukhari)

Diriwayatkan bahwa ketika terjadi musim kekeringan di masa Umar bin Khatab, beliau meminta kepada Abbas untuk berdoa. Ketika berdoa, Abbas mengatakan, “Ya Allah, sesungguhnya tidaklah turun musibah dari langit kecuali karena perbuatan dosa. dan musibah ini tidak akan hilang, kecuali dengan taubat…”

Yang Ketiga Adalah memantapkan hati dalam berdoa dan berkeyakinan untuk dikabulkan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لا يقل أحدكم إذا دعا اللهم اغفر لي إن شئت اللهم ارحمني إن شئت ليعزم المسألة فإنه لا مُكرِه له

“Janganlah kalian ketika berdoa dengan mengatakan: Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau mau. Ya Allah, rahmatilah aku, jika Engkau mau. Hendaknya dia mantapkan keinginannya, karena tidak ada yang memaksa Allah.” (HR. Bukhari & Muslim)
Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila kalian berdoa, hendaknya dia mantapkan keinginannya. Karena Allah tidak keberatan dan kesulitan untuk mewujudkan sesuatu.” (H.r. Ibn Hibban dan dishahihkan Syua’ib Al-Arnauth)

Diantara bentuk yakin ketika berdoa adalah hatinya sadar bahwa dia sedang meminta sesuatu. Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ادعوا الله وأنتم موقنون بالإجابة واعلموا أن الله لا يستجيب دعاء من قلب غافل لاه

“Berdoalah kepada Allah dan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah, sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai, dan lengah (dengan doanya).” (H.r. Turmudzi dan dishahihkan Al-Albani)

Banyak orang yang lalai dalam berdoa atau bahkan tidak tahu isi doa yang dia ucapkan. Karena dia tidak paham bahasa Arab, sehingga hanya dia ucapkan tanpa direnungkan isinya.

Yang Keempat mengulang-ulang doa

Misalnya, orang berdoa, “Yaa Allah, ampunilah hambu-MU, ampunilah hambu-MU…, ampunilah hambu-MU yang penuh dosa ini. ampunilah ya Allah…. ” Dia ulang-ulang permohonannya. Semacam ini menunjukkan kesungguhhannya dalam berdoa.

Ibn Mas’ud mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila beliau berdoa, beliau mengulangi tiga kali. Dan apabila beliau meminta kepada Allah, beliau mengulangi tiga kali. (H.r. Muslim).

Yang Kelima khusyu’, merendahkan hati, dan penuh harap.

Allah berfirman,

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ

“Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (Q.s. Al-Anbiya’: 90)

Yang Keenam dengan suara lirih dan tidak dikeraskan.

Allah berfirman,

وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا

“Janganlah kalian mengeraskan doa kalian dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu.” (Q.s. Al-Isra: 110)
 يَا أَيُّهَا النَّاسُ ، ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ ، فَإِنَّكُمْ لاَ تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلاَ غَائِبًا ، إِنَّهُ مَعَكُمْ ، إِنَّهُ سَمِيعٌ قَرِيبٌ

“Wahai manusia, kasihanilah diri kalian. Sesungguhnya kalian tidak menyeru Dzat yang tuli dan tidak ada, sesungguhnya Allah bersama kalian, Dia Maha mendengar lagi Maha dekat.” (H.r. Bukhari)


Demikianlah Beberapa Cara Berdoa Berdasarkan Hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam  Yang Behasil Saya Rangkum Hanya Untuk mengingat ingat Bahwasanya Berdoa adalah Ibadah Paling manjur dan paling di sukai Oleh Allah Semoga Artikle Yang Bejudul Cara Berdoa Berdasarkan Hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bermanfaat bagi kita semua .. Allhamdulillah Silahkan di share jika dirasa bermanfaat

11 Comments

Situs ini DOFOLLOW jadi komentarlah yang bijak Oke, Komentar anda selalu kami hargai, Tapi Please jangan Spam Dong..!! ocret silahkan di lanjut yang mau koment

  1. terima kasih. artikelnya mantap.

    bisnis tiket pesawat menguntungkan www.kiostiket.com

    ReplyDelete
  2. hem,,,,benar sekali
    kita harus memperhatikan hal-hal seperti ini
    biar apa yang menjadi doa dan impian kita terkabul

    amin

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah..
    Terima kasih share ilmu nya. :)

    ReplyDelete
  4. syukron untuk informasinya.. semoga bisa bermanfaat dan menjadi amalan untuk kita semua. Amiiin

    ReplyDelete
  5. Enter your comment...admin saya mau bertanya apakah boleh berdoa dengan suara keras dan secara berjamaah apakah ada contoh di rossul?mohon ma af pemahaman saya masih sedikit

    ReplyDelete
  6. Terima kasih artikelnya...izin share ya..

    ReplyDelete
  7. Yuk Awali Aktivitas harimu Dengan Berdoa, Ini Nih Beberapa Doa Yang Bisa dan Mudah Kamu Baca Saat Memulainya, simak uraian kami DISINI

    ReplyDelete
  8. Trim mas bro doa doa nya,,ijin mengamalkan, sekalian mau namya, katanya pas ketika berdoa tanpa mgangkat tangan boleh ya mas?
    download mp3 terbaru
    doa meminta rezeki

    ReplyDelete
  9. kumpulan do'a dalam qur'an dan sunnah pdf
    http://adf.ly/1arS5A
    http://adf.ly/1arSA3
    http://adf.ly/1arSDs

    ReplyDelete
  10. Thanks for this critical post. It is a beautiful and informative post that I get from your website.
    Its great job and it will be good if you continue this kind of post on your site.
    Seo Services Company In Delhi

    ReplyDelete

Post a Comment

Situs ini DOFOLLOW jadi komentarlah yang bijak Oke, Komentar anda selalu kami hargai, Tapi Please jangan Spam Dong..!! ocret silahkan di lanjut yang mau koment

Post a Comment

Previous Post Next Post