MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

Manfaat puasa ramadhan ataupun senin kamis Berbagai penelitian telah dilakukan mengenai seberapaa besar dampak puasa bagi kesehatan dan telah di peroleh hasil bahwa puasa di bulan ramadhan maupun yang rutin puasa senin kamis memiliki manfaat yang luar biasa, selain dari segi kerohamian puasa memiliki manfaat pengeluaran zat racun dari tubuh atau proses detoksifikasi , Nah yang lagi puasa di bulan ini bersemangat ya hitng hitung mengurangi racun nih, Nah berikut Manfaat Puasa Bagi kesehatan seperti yang di lansir oleh yahoo

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

1. Makan kurma


Kurma adalah makanan pembuka yang sering dihidangkan saat berbuka atau sahur. Salah satu aspek paling penting dari puasa adalah mendapatkan jumlah tepat energi dan nutrisi. Dan kurma adalah makanan terbaik yang menyediakan serat yang sangat dibutuhkan tubuh, yang akan membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan Anda selama puasa.

2. Meningkatkan kemampuan otak


Para ilmuwan di Amerika menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yang mendorong tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel otak, sehingga dapat meningkatkan fungsi otak. Demikian juga, penurunan jumlah hormon kortisol, yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, membuat seseorang dapat menurunkan tingkat stres selama dan setelah Ramadan.

3. Mengurangi kebiasaan buruk


Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mengubah gaya hidup tidak sehat dan pola makan yang buruk. Selama puasa, kita juga bisa menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan makan makanan manis.

4. Menurunkan kadar kolesterol


Kita semua tahu bahwa penurunan berat badan adalah salah satu dampak positif dari berpuasa selama Ramadan. Sebuah tim ahli jantung di Uni Emirat Arab menemukan bahwa orang berpuasa menikmati efek positif dari adanya pengurangan kolesterol dalam darah. Kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sehingga seseorang dapat mengurangi risiko menderita penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke. Terlebih lagi, jika Anda mengikuti diet sehat setelah Ramadan, tingkat kolesterol akan dapat diturunkan dengan mudah.

5. Mendetoksifikasi tubuh


Puasa dapat mendetoksifikasi tubuh dari racun yang menumpuk. Selama puasa, Anda dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan dalam satu bulan. Ketika tubuh mulai memakan cadangan lemak untuk menciptakan energi, itu akan membakar setiap racun berbahaya yang mungkin hadir dalam timbunan lemak di tubuh Anda.

6. Menyerap banyak nutrisi


Selama puasa, metabolisme akan menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang diserap dari makanan semakin besar. Hal ini dikarenakan peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang diproduksi oleh kombinasi antara puasa dan sahur, sehingga memungkinkan otot untuk menyerap lebih banyak nutrisi.

7. Mengontrol berat badan


Puasa membuat kita lebih mudah menurunkan berat badan. Kita tidak perlu melakukan diet ekstrem untuk menurunkan beberapa kilo berat tubuh kita. Kita hanya perlu makan secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan sehat selama puasa.

Itulah manfaat puasa yang dapat menyehatkan tubuh. Selamat menunaikan ibadah puasa

Sumber : merdeka.com | http://www.merdeka.com/sehat/ini-7-manfaat-menakjubkan-dari-puasa.html | 
Ini 7 manfaat menakjubkan dari puasa!

1 Comments

Situs ini DOFOLLOW jadi komentarlah yang bijak Oke, Komentar anda selalu kami hargai, Tapi Please jangan Spam Dong..!! ocret silahkan di lanjut yang mau koment

  1. terima kasih informasinya, jadi mengerti manfaat dari puasa yang kita lakukan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Situs ini DOFOLLOW jadi komentarlah yang bijak Oke, Komentar anda selalu kami hargai, Tapi Please jangan Spam Dong..!! ocret silahkan di lanjut yang mau koment

Post a Comment

Previous Post Next Post