Menentukan Jenis Kelamin Bayi Sejak Dini, Mungkinkah?

Menentukan Jenis Kelamin dan Cara Menentukan Jenis Kelamin Bayi baca juga artikle Faktor Yang Mempengaruhi Jenis Kelamin Janin Saat Di Kandungan Banyak pasangan orangtua bertanya-tanya apakah jenis kelamin bayi dapat diatur sebelum terjadi pembuahan? bisa saja terjadi, mari kita praktekan

"Factors influencing sex ratios"

Menentukan Jenis Kelamin

Pada tahun 70an para ilmuan telah mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi rasio jenis kelamin oleh seorang ahli bernama Landrum B. Shettles yang diterbitkan dalam artikel berjudul "Factors influencing sex ratios" dalam sebuah jurnal kesehatan the International Journal of Gynaecology and Obstetrics. Artikel ini mengemukakan pengaruh waktu senggama dan lingkungan reproduksi dapat mempengaruhi jenis kelamin janin dan dikenal sebagai teori Shettles.

Janin memiliki seks kromosom dari kedua orang tuanya. Sel-sel sperma dari ayah yang membawa kromosom X dan Y, memiliki karakteristik yang berbeda dengan kromosm X dan X ibu. Jika sel sperma ayah membuahi sel telur ibu, maka ini adalah  yang akan menentukan Jenis Kelamin Janin. Ketika sel sperma yang membawa kromosom X sperma membuahi telur, jenis kelamin janin perempuan. Jika sel-sel sperma yang membawa kromosom Y dan membuahi sel telur, maka janin kelak akan lahir sebagai seorang anak laki.

Metode Shettles mengemukakan bahwa kromosom X dan Y memiliki karakteristik yang berbeda. Kromosom Y yang dibawa oleh sel sperma bergerak lebih cepat dibandingkan kromosom X, sedangkan kromosom X yang bergerak lebih lambat daripada kromosom Y, memiliki pertahanan yang lebih baik terhadap lingkungan keasaman leher rahim sebelum cairan serviks saat masa subur diproduksi. Oleh karena karakteristik inilah, maka beberapa manipulasi dapat dilakukan untuk mendapatkan bayi laki-laki atau perempuan.

Sesuai dengan penelitian lebih lanjut, banyak studi telah menemukan teori Shettles tidak akurat dan tidak menemukan kaitan antara waktu senggama dan penentuan jenis kelamin janin, dan mungkin terdapat faktor lain yang berperan dalam menentukan jenis kelamin janin.  Pada tahun 1995 dalam artikel reproduksi manusia, 3 peneliti Weinberg, Baird dan Wilcox berpendapat durasi fase folikular (waktu antara haid dan pelepasan telur dari indung telur) dalam kaitannya dengan jenis kelamin bayi. Fase folikular siklus lebih pendek terkait dengan produk-produk dari konsepsi bayi laki-laki, sedangkan siklus dengan fase folikular lagi lebih dekat ke hasil janin perempuan. Namun, teori ini adalah diperdebatkan.

Kebanyakan calon orangtua yang mencoba untuk hamil sering tidak peduli tentang gender. Namun, menentukan jenis kelamin sebelum kehamilan memang menjadi hal yang sangat menarik, dan tidak sedikit pasangan yang mencoba beberapa metode atau teknik penentuan jender, dan sebagian ada yang berhasil. Meski demikian, sebagian besar studi ilmiah menunjukkan tidak ada bukti yang jelas untuk memanfaatkan waktu senggama demi mendapatkan jenis kelamin janin yang spesifik.

Oleh karena itu, ada tidak ada bukti jelas ilmiah mengenai penentuan jenis kelamin janin sebelum kehamilan, untuk calon orangtua yang mengharapkan seseorang tidak dianjurkan kehadiran batas hubungan seksual dalam periode subur, terutama bagi pasangan yang memiliki kesulitan hamil.

Untuk pasangan yang ingin memilih jenis kelamin janin karena untuk menghindari penyakit bawaan atau karena alasan lain, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum hamil.

Previous Post Next Post