Para Arkeolog Menemukan Makam Raja Suku Maya Di Guatemala

Arkeolog dapatkan makam raja maya kuno di guatemala

Para arkeolog di guatemala menemukan makam seorang raja yang diyakini letakkan dasar-dasar peradaban maya kuno sekitar lebih dua ribu th. yang lantas.

peneliti guatemala mendapatkan makam raja kutz chman, seorang imam yang dipercayai sudah memerintah daerah itu kurang lebih th. 700 sebelum akan masehi, di dalam penggalian di takalik abaj, retalhuleu, sisi barat guatemala.

menurut banyak peneliti, makam kutz chman yang berhias permata giok serta artefak yang lain ialah makam bangsawan maya sangat kuno yang dulu ditemukan sampai waktu ini.

banyak ilmuwan mendapatkan makam itu pada bln. juni, akan tetapi baru bisa memverifikasi bahwa makam itu merupakan punya kutz chman saat ini.

walaupun tak ada sisa-sisa jenazah di makam tersebut tapi jejak karbon pada artefak itu membuktikan bahwa sang raja dimakamkan pada th. 770-510 sebelum akan masehi.

di dalam makam itu, tim peneliti mendapatkan batu-batu permata bercahaya juga kalung dengan liontin yang diukir di dalam wujud kepala burung bangkai, lambang kekuasaan serta status ekonomi tinggi yang umumnya diberikan pada pemimpin yang dihormati.

banyaknya perhiasan yang ditemukan di dalam artefak itu membuktikan bahwa ia merupakan seorang pemimpin agama yang kuat serta perlu, kata arkeolog christa schieber layaknya dilansir reuters.

schieber menjelaskan, besar kemungkinan kutz chman merupakan orang yang melakukan perubahan di dalam sistem serta transisi di kerajaan maya.

arkeolog miguel orrego berpendapat sama. dia merupakan pemimpin besar. penguasa yang mulai menjembatani kesenjangan pada budaya olmec serta maya dan mengawali transisi lambat untuk pemerintahan maya, ujarnya.

banyak sejarawan yakin kutz chman merupakan pemimpin pertama yang memperkenalkan unsur-unsur yang lantas jadi ciri khas kebudayaan maya layaknya bangunan berwujud piramida serta bukannya berwujud persegi, dan tradisi bikin patung keluarga kerajaan.

di guatemala ditemukan banyak sisa peradaban maya kuno yang berkembang pada th. 250 serta 800 sebelum akan masehi serta tersebar pada honduras modern sampai meksiko sedang.

kerajaan olmec mulai memudar kurang lebih th. 400 sebelum akan masehi sesaat suku maya berkembang sangat cepat serta merebut kendali rute perdagangan.

Sumber : plasa.msn.com

Situs ini DOFOLLOW jadi komentarlah yang bijak Oke, Komentar anda selalu kami hargai, Tapi Please jangan Spam Dong..!! ocret silahkan di lanjut yang mau koment

Post a Comment

Situs ini DOFOLLOW jadi komentarlah yang bijak Oke, Komentar anda selalu kami hargai, Tapi Please jangan Spam Dong..!! ocret silahkan di lanjut yang mau koment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post